Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Sepatah kata Syariah

upaya untuk mengembangkan syariah atau hukum Islam (selanjutnya disebut syariah) selalu mendapat tantangan dengan berbagai macam dalil. bahkan tidak jarang pemuka - pemuka atau tokoh - tokon Islam menolak kehadiran hukum Islam atau syariah padahal sangat jelas syariah tidak mengganggu kepentingan umat agama lain baik kristen, budha, hindu ataupun agama lain.
umat Islam akan menunjukkan "gerakan"nya jika masuk pengaruh - pengaruh sesat seperti Ahmadiyah ataupun gerakan sekuler bahkan ada cerita dari seorang ulama memberi nama pesantrennya Ulil Abshar kemudian gurunya datang mengunjungi pesantren tersebut dan menyuruh ulama tersebut mengganti nama pesantrennya karena nama tersebut sangat identik dengan tokoh sekuler Ulil Abshar Abdallah maka karena ketaatan kepada gurunya ulama tersebut mengganti nama pesantrennya menjadi Ulil Albab. kita tidak bisa selalu diam menunggu akan ada bahaya yang mengancam umat Islam dengan berbagai macam aliran. ada filosofi pencegahan lebih baik daripada telah terjadi penyakit.
gerakan jihad kaum radikal yang nyeleneh justeru mengakibatkan korban dari Umat Islam sendiri sehingga menimbulkan antipati atau kesan Islam identik dengan kekerasan. mayoritas penegak hukum (polisi dan TNI) adalah umat Islam dan yang melakukan gerakan radikal adalah umat Islam sangat disayangkan akhirnya sesama umat islam saling memburu. hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang syariah atau hukum Islam dan perpolitikan Islam.
Dengan adanya blog ini setidaknya dapat membantu sejauh mana syariah berlaku di negeri kita yang tercinta ini. kita dapat hidup rukun damai dengan umat agama lain tanpa harus saling bermusuhan. "lakum dinukum waliyadin" (bagimu agamamu bagiku agamaku). syariah sangat diperlukan di Indonesia mengingat umat Islam adalah mayoritas sehingga sangat berkepentingan sebagai contoh pengaturan pencatatan perkawinan, produk halal, bank syariah dan lain-lain. namun umat islam harus mempunyai toleransi yang tinggi kepada umat beragama yang lain sehingga inilah yang disebut dakwah bilhikkmah wal mau'idotil hasanah sebagaimana dalam al-Quran.

0 comments:

Post a Comment